"Balada Ngelapak dan Nyabar Barang Preloved, Ngga Bingung Lagi Sekarang "



Sudah hampir 3 tahun saya dan suami membangun rumah-tangga, banyak suka duka yang kami alami terutama sejak memutuskan merantau ke kota Bontang, Kaltim ini. Mulai dari datang ngga bawa apa-apa hanya baju-baju dagangan buat jualan sampai akhirnya agak nekad ngontrak sambil nyicil-nyicil beli barang ini itu. Kalau inget-inget perjuangan jadinya lebih bersyukur sekarang alhamdulillah sudah mulai lengkap isi rumah meskipun sederhana. Tak perlu bermewah-mewah, yang paling penting sudah ngga tidur di atas kasur kecil tipis bantal satu buat berdua. hehehe Sampai sering kebangun gara-gara kepanasan ngga punya kipas angin, maklum Bontang lumayan gerah dan panas betul kalau pas musim panas. Itulah membangun rumah tangga, jangan dipikir manisnya saja...justru mulai dari nol akan banyak pelajaran yang bisa kita petik bersama pasangan.

Sekarang tinggal ternganga aja lihat barang-barang sudah mulai banyak tak seperti dulu lagi, meskipun itu juga banyak yang belinya preloved alias second  tapi kan yang penting manfaatnya. Nah, sekarang tinggal galaunya mau jual barang-barang yang kebetulan sudah ngga terpakai lagi namun kok masih bagus dan dibuang sayang. Layak banget kalau dipakai orang lain dan masih ada nilai jualnya. Balada ngelapak barang bekas ini yang sering bikin bingung. Misal mau jual hp bekas, karena ingin ganti hp yang memorinya lebih besar buat kerja. Jual manual atau iklan-iklan di medsos biasa, seringnya kena php. Ya memang sih itu resiko tapi pengennya ngga ribet dan praktis banget. Apalagi kalau preloved yang mau kita jual itu dipakai sehari-hari misal produk fashion. Kadang suka sungkan atau malu nawarin ke orang atau pembelinya pun mungkin agak malu-malu mau nawar. Pengennya sich privasinya sama-sama terjaga, alhasil balada ngelapak barang preloved ini bikin saya dilema dan galau. 



Balada terpecahkan gegara kenal aplikasi marketplace kece  namanya Prelo. Jujur aja awalnya sich ngga tahu apa itu prelo, cuma sekedar lihat postingan lomba ngeblog tentang Prelo ini. Lanjut donk saya mempelajari dan install di hp, eee...pas cerita ke suami tentang aplikasi khusus jual beli barang bekas ini. Si doi langsung sumringah, semangat banget bikin akun dan posting jual hp second kami yang memang sudah lama pengen dipindahtangankan. hehehe daripada kelamaan posting sana sini belum jelas yang nawar. Pas awal mempelajari mekanismenya, wuiiihh keren banget emang dech. Insyaallah aman kok soalnya pakai rekening bersama dan ada sistem konfirmasi pembelian/penjualan jadi ada waktu buat ngetes atau ngecek barang preloved yang kita beli. Jadi sama-sama menguntungkan buat pembeli maupun penjual, tenang dan nyaman sambil menunggu barang nyampe dan uang masuk ke rekening. Lebih kerennya lagi Prelo mewajibkan penjual ngasih foto asli, so meminimalisir tipu-tipu foto palsu dari pihak lain. Jadi lebih tenang sekarang, bisa jual-jual preloved yang kita punya tanpa takut ngga dibayar sama sama pembeli dan ngga perlu capek-capek ngiklan tiap hari update di medsos. Terimakasih Prelo, balada ngelapak barkas alias barang bekas saya terpecahkan.

Nah, habis balada ngelapak ternyata pas tengok-tengok akun orang lain kok keren-keren ya barang preloved yang dijual. Tergoda deh untuk mikirin"my lovelist on Prelo". Daripada beli barang baru yang budgetnya belum ada dan masih butuh doku buat kebutuhan primer. hehehe... Langsung dech, diskusi sama pak boss rumah alias suami buat berencana beli barang second di Prelo aja. Selain aman, praktis, kita juga bisa milih mulai dari range harga sampai memperkirakan ongkir yang termurah. Plus fitur tawar-menawar harga juga ada loh. Duh makin kekeh dan yakin ntar mau beli modem dan kamera DLSR second di Prelo aja. 



Kenapa harus beli di Prelo sich ? Balada nyabar second, alih-alih mau beli baru sebab doku hanya cukup buat beli preloved jadilah saya pilih di Prelo aja. Bisa milih ongkir yang paling murah bahkan ada yang free ongkir. Mudah-mudahkan nanti kalau uangnya sudah cukup beisa beli kedua barang ini, modem second dan kamera DLSR bekas. Dua barang ini penting banget buat menunjang aktivitas jualan online dan mendukung mimpi saya untuk menjadi penulis.

Jualan online saya sempatkan untuk membantu penghasilan suami mencukupi kebutuhan keluarga, di sela-sela waktu bekerja sebagai admin di yayasan pendidikan. Karena pengennya memang suatu hari nanti jadi wirausaha jadi mulai saya rintis berjualan online meskipun masih sebagai reseller. Modem dan kamera DLSR benda yang sangat menunjang perfoma olshop. Belum mampu berlangganan wifi berbayar di rumah, suami menyarankan pakai modem aja. Kebetulan suami juga ada olshop, jadi kami bisa menggunakan bersama. Begitu pula kamera DLSR, bikin foto-foto yang kece dengan resoluvi bagus ternyata faktor penting closing pas jualan online.
Jadi saya bertekad harus punya benda ini meskipun preloved


Setali tiga uang, sama hal nya dengan jualan online. Menulis adalah hobi sekaligus bisa menjadi sumber pundi penghasilan jika kita mau serius. Jujur saya masih sangat awam dan masih sekedar ngirim-ngirim lewat email artikel atau tulisan ringan yang masih belum rapi. Tapi saya ingin terus bertekad menjadi penulis yang baik dan bermanfaat buat banyak orang. Punya modem biar koneksi lancar jadi kalau ikut lomba seperti di Prelo ini bisa lebih gesit, didukung foto-foto jepretan kamera DLSR yang hasilnya kece. Mudah-mudah semua terwujud, tabungan terkumpul langsung kabur klik Prelo dan dapetin barang preloved yang kece badai. 



"Belanja MY LOVELIST on PRELO itu AMAN & BERKUALITAS "
prelo.co.id 


Comments

Popular Posts